Cerita Meja Makan

Dinner Time

Meja makan itu sudah penuh dengan piring dan gelas. Ibu sudah mempersiapkan menu favorit keluarga di satu loyang besar, telur dadar. Harus yang tebal dan pedas. Lalu telur dadar akan dibagi menjadi 6 potong. Untuk aku, kakak, abang, adik, Ayah dan ibu. Semuanya harus mendapat porsi yang sama. Lalu ibu akan menuangkan nasi di piring kami masing-masing dan kuah rendang yang ditaro di  pinggir piring untuk kami nikmati bersama dengan telur dadar. Nyum.

Iya, sesederhana itu makan malam kami.

Lalu Ayah akan bercerita tentang politik, tentang negara, tentang hukum dan tentang alam, yang akan kami dengarkan seperti kuliah malam. Dan adik pun akan bertanya apa itu KPK, siapa itu Soeharto, kenapa penjara itu lebih bagus dari kamarnya dan bagaimana caranya pergi ke Raja Ampat?

Ibu tidak mau kalah, dia akan bercerita tentang tetangga sebelah yang baru melahirkan dan harga-harga cabe yang terus melonjak lalu besok dia akan masak ikan gulai kuning dan telur dadar lagi. Aku senang mendengarnya. Lalu aku menanyakan ibu bagaimana caranya agar dia bisa bangun sepagi itu untuk memasak dan tidur paling larut untuk menemani kami yang sedang belajar.

Di depan ku, kakak dan abang mulai berlomba, siapa yang bisa menghabiskan telur dadar yang paling cepat. Lalu mereka akan bertengkar, selalu berusaha menjadi pemenang. Tapi mereka sebenarnya sangat akrab. Akrab dalam menjahili ku.

Ruang makanku penuh dengan cerita, pertanyaan, jawaban, canda dan tawa. Aku tidak akan pernah melewatkan acara makan malam ini. Karena disitulah aku mengenal keluargaku. Mendengar kehidupan mereka dan menjadi satu.

Iya, sesederhana itu makan malam kami.

——-

“Makan malam dimana lo?”

“Di rumah..”

“Tapi rumah lo kan sepi terus, keluarga lo jarang dirumah. Kok lo selalu makan malam dirumah sih?”

“…”

I believe there will always be one child in the family to want a simple family dinner with just eggs and laugh. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s